KOMPUTER HEMAT LISTRIK

Siap Antisipasi Kelangkaan Energi Listrik
Juli 19, 2008 oleh haripitrajaya

Rasanya cukup miris jika melihat wacana kelangkaan listrik di Tanah Air saat ini. Cukup ironis melihat pemadaman bergilir yang dilakukan PLN belakangan. Juga bagaimana pemerintah mencoba mengalihkan jam kerja pabrik dan perusahaan di hari libur supaya tak terjadi overload pemakaian. Akibatnya sudah jelas, berbagai pihak saling menyalahkan dan menuding.
Apapun yang terjadi, entah siapa yang salah atau benar, urusan listrik adalah masalah nasional yang harus dibereskan dan dibenahi bersama. Jika tak tuntas, imbasnya adalah rakyat yang dirugikan. Menyikapi hal tersebut, kita sebagai warga Subang setidaknya patut bersyukur dan berbangga karena proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) segera berdiri di Gunung Tangkuban Perahu, Subang, Jawa Barat.
Lebih jauh, proyek PLTP di Gunung Tangkuban Perahu itu sendiri merupakan program Pemerintah Pusat dengan menghabiskan dana keseluruhannya Rp1,5 trilun Dari jumlah area keseluruhan sekitar 200 hektar, seluas 160 hektar atau 80 persen berada di wilayah Subang. Area seluas itu, berada di Desa Cicenang Kecamatan Jalancagak dan lintas Kabupaten (Bandung, Subang dan Purwakarta).
Potensi panas bumi Subang ini jelas bisa membantu pasokan energi listrik di masa mendatang. Apalagi selain di Gunung Tangkuban perahu, ada 25 persen potensi panas bumi juga berada di Gunung Tampomas.
Semoga saja eksplorasi lokasi panas bumi yang rencananya dimulai pada awal 2009 hingga tiga tahun ke depan akan berjalan benar dan tanpa hambatan. Setelah itu, pada tahun keempat akan dilanjutkan dengan kegiatan eksploitasi. Alhasil, pada 2012 nanti PLTP sudah bisa direalisasikan dan suplai listrik untuk konsumsi Jawa Barat tidak akan lagi mengalami krisis atau kendala lain.
Dari segi keuntungan, sebagai Kabupaten yang dijadikan lokasi proyek PLTP, Subang akan mendapat keuntungan secara materi sebesar 32 persen per tahunnya. Sementara untuk Pemerintah Provinsi sebesar 16 persen, Pemerintah Pusat 20 persen dan Kabupaten di Jawa Barat akan mendapat bagian sebesar 32 persen. Proyek ini diharapkan bisa menghasikan energi listrik sebesar 150 megawatt (MW) untuk suplai listrik di Jawa Barat. Semoga saja, tak ada lagi krisis listrik.

Agar Laptop Hemat Listrik

Laptop memang lebih hemat mengkonsumsi listrik dibanding personal computer atau desktop. Bahkan bisa lebih hemat lima kali dibanding desktop. Jika laptop menghabiskan daya listrik rata-rata 45 Watt, PC dengan monitor CRT (Cathode Ray Tube) bisa menghabiskan daya rata-rata 240 watt. Meski sudah pasti lebih hemat listrik dibanding PC, ada juga yang perlu anda tahu biar konsumsi listrik laptop lebih hemat.

Bila mau membeli laptop, perhatikan keterangan konsumsi listrik processor yang dipakai. Konsumsi listrik telah menjadi perhatian global. Pilih processor yang punya keterangan bahwa dia hemat listrik.

Mengetik sambil memutar video dan membakar CD/DVD, tentu kegiatan yang sulit dilakukan bersamaan. Selain boros waktu, yang pasti lebih banyak menyedot listrik yang anda pakai. Lebih baik bergantian dalam memakai aplikasi/program. Fokuskan kegiatan yang akan akan anda lakukan.

Keluarkan CD/DVD yang tidak dipakai dari CD/DVD ROM. Optiknya akan selalu membaca isi CD/DVD yang pasti juga memakan energi.

Perhatikan juga fasilitas fungsi konektivitas. Bila tak dipakai, matikan Wifi atau Bluetooth yang juga ikut “icip-icip” daya listrik.

Copot baterai kalau sudah penuh ketika dicolokin. Pakai satu sumber energi saja. Biar baterai anda juga lebih awet.

Secara berkala lakukan defragmentation. Defragmentation adalah mengatur ulang urutan file-file. Ini akan mempercepat waktu dan menghemat energi yang dikonsumsi laptop.

Minimalkan penggunaan external devices seperti hardisk external atau flashdisk. Peralatan-peralatan tersebut akan menambah listrik yang dikonsumsi.

Tingkatkan memori (RAM) laptop anda. Semakin gede memori, makin meningkatkan kemampuan laptop saat membuka program serta mengurangi resiko terjadinya “hang”, sehingga listrik yang dikonsumsi juga lebih sedikit.

Buka file dari harddisk. Membuka file dari CD/DVD membuat optik pada CD/DVD drive ikut bekerja yang pasti “memakan” listrik. Lebih baik, pindahkan file terlebih dulu ke hardisk.

Pengaturan energi (power management/power option) laptop juga berpengaruh terhadap listrik yang dikonsumsi. Atur sesuai kebutuhan. Bagi pengguna Windows, fungsi ini bisa ditemukan di Control Panel.

Aktifkan “hibernation” atau “standby” ketika laptop hendak ditinggal sebentar. Pengaktifan mode tersebut bisa menghemat 15-25% energi dari pemakaian normal.

Ruangan yang sejuk akan membantu laptop bekerja lebih efisien. Karena itu, usahakan memakai laptop di ruang sejuk. Tidak harus ruang ber-AC, yang penting sirkulasi udaranya lancar.

Nonaktifkan perangkat yang tidak dipakai, seperti memory card dan USB thumbdrive.

Selamat mencoba!


Tips Menghemat Listrik dalam Penggunaan Komputer:

Penggunaan screensaver saver pada monito saat komputer tidak aktif digunakan, sebenarnya tidak banyak mengurangi konsumsi listrik. Lebih baik jika monitor dimatikan.Sebaiknya matikan layar monitor daripada memposisikan 'Standby mode' apabila sedang istirahat.Hindari penggunaan screensaver, karena akan merubah setting layar monitor untuk selalu aktif.Pergunakan resolusi display dan brightness yang rendah.Sebaiknya pergunakan wallpaper dengan warna hitamMengatur 'power setting' agar monitor dapat menset power 'off' secara otomatisMatikan komputer (CPU) bila tidak digunakan dalam jangka waktu lama.
Tips Menghemat Listrik dalam Penggunaan AC:

Menggunakan fungsi timer dengan benar dapat mengurangi penggunaan AC yang tidak sesuai dengan kebutuhanMatikan AC bila ruangan tidak digunakan dalan waktu lamaTutup pintu dan jendela jika AC sedang menyalaAtur suhu AC sesuai kebutuhan, sekitar 23-25 derajat celsius, semakin dingin suhu makin besar konsumsi listriknya.Pergunakan kaca film pada jendela ruanganGunakan timer untuk mengatur pemakaian agar sesuai kebutuhanBersihkan AC secara berkala
Tips Menghemat Listrik dalam Penggunaan Speaker:

Memperbesar volume speaker TV, radio secara tidak langsung akan memperbesar konsumsi listrik dan akan memperbesar biaya listrik Anda.Atur volume sesuai kebutuhanSebaiknya matikan alat jika tidak digunakan, hindari penggunaan 'standby mode'Jika tersedia, pergunakan fungsi timer sebaik-baiknya untuk mengatur pemakaian peralatanBila perlu, gunakan stop kontak dengan saklar on/off, agar lebih mudah mematikan peralatan listrik.
Cara Efektif Hemat Listrik
.*Fungsikan screensaver pada Komputer anda bila hendak istirahat jangan terlalu sering menghidup-matikan computer anda.
Dari tips diatas mungkin masih banyak lagi cara-cara efektif untuk membantu program hemat energi, cobalah dan rasakan manfaatnya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "KOMPUTER HEMAT LISTRIK"

Posting Komentar