JALAN MENUJU ALLAH

MENGENAL ALLAH

Sebagai muslim, kita tentu beriman kepada Allah SWT. Allah-lah sumber kehidupan, Dia-lah titik tolak bermulanya segala sesuatu.

Pesan: orang yang pandai, sebagai seorang muslim hendaklah di barengi dengan akhlak yang baik dan iman kepada Allah SWT. Agar ilmu yang ia miliki di ridhai oleh Allah.

ALLAH KEBUTUHAN FITRAH MANUSIA

Setiap manusia dilahirkan dalam keadaan fitrah yakdi dalam keadaan bertauhid. Fitrah tauhid yang suci itu dapat terkubur oleh beberapa factor seperti kesombongan, tipu daya setan, hawa nafsu, dsb. Tetapi dalam keadaan terjepit sekalipun dia adalah seorang kafir, fitrah itu bisa bangkit kembali.

BAGAIMANA MENGENAL ALLAH?

1. Melalui Akal

Akal pikiran merupakan anugerah terdahsyat yang dimiliki manusia, dan Allah tidak menganugerahkannya kepada makhluk selainnya. Dengan pikiran ini manusia dapat belajar, mengamati, dan akhirnya menyimpulkan.

2. Melalui Wahyu

Dengan wahyu, manusia mendapatkan pengetahuan yang lengkap ihwal misteri ala mini, yang tidak mungkin mampu dikuak dengan kemampuan logika semata.

TAUHIDULLAH

Pengenalan kepada Allah menuntun pengetahuan tentang Tuhid(sikap mengesakan)

Tauhidullah dibagi menjadi 3 macam:

1. Tauhid Rububiyah (Allah sebagai Rabb)

2. Tauhid Mulukiyah(Allah sebagai Malik)

3. Tauhid Uluhiyah(Allah sebagai Illah)

Tambahan dari ulama akidah yaitu Tauhid asma wa sifat (Tauhid dalam nama dan sifat Allah)

1. TAUHID RUBUBIYAH

Tauhid Rububiyah menunjukkan sebuah keyakinan terhadap keesaan Allah, bahwa Allah adalah satu-satunya dzat yang melakukan perbuatan (afial)= menghidupkan, mematikan, menciptakan, member rezeki, mengelola, megatur dan menguasai alam semesta.

Pesan: kita yang mengaku beriman dan mengaku berislam, tidak sama seperti orang-orang musyrik, kita meyakini hakekat rububiyatullah, dan kita melaksanakan konsekuensinya dengan bertakwa kepadaNya, ex: dengan mensyukuri segala nikmat yang Dia berikan dan tidak sekali-kali berani kufur akan nikmat-nikmatNya.

2. TAUHID MULUKIYAH

Tauhid Mulukiyah berarti sebuah keyakinan bahwa Allah adalah satu-satunya dzat yang menguasai alam semesta ini. Dengan hak penuh penetapan atas kehidupan. Tidak ada sekutu dlam kekuasaaan Allah dalam alam semesta ini.

Allah sebagai pencipta,pemimpin, pelindung, penguasa alam semesta berhak memberikan atau mencabut kekuasaan pada manusia.

Tauhid dalam mulukiyah menegaskan bahwa loyalitas, afiliasi, keralaan, pembelaan dan semisalnya tidak boleh diberikan kecuali kepada kepemimpinan/undang-undang yang bersumber dari syari’at Allah SWT,/undang-undang yang sejalan dengan syari’at Allah.

3. TAUHID ULUHIYAH

Sifat-sifat kekhususan Allah:

  • Perasaan akan tenagn dan tentram dengan melihat Alla
  • Allah tempat meminta perlindungan (Al-Baqarah:67)
  • Kecintaan yang amat terhadap Allah
  • Jika seseorang menghamba-hambakan dirinya terhadap sesuatu maka ia akan mengikuti, memuliakan, mengagungkan, mematuhi, dan tunduk paadanya bersedia mengorbankan kemerdekaan yang dimiliki.

Tauhi ukuhiyah merupakan keyakinan bahwa Allah merupakan sumber hukum dan aturan di semesta alam ini. Dialah satu-satunya ilah yang maha berhak disembah.

Konsekuensi agar keyakinan menjadi sempurna:

  • Hanya menyembah kepada Allah tidak kepada selainNya(thaha:14)
  • Mencintai Allah dengan sepenuh hati.
  • Memohon pertolongan hanya kepada Allah(Al-Fatihah:5)

4. TAUHID ASMA WA SIFAT

Tauhid asma wa sifat berarti bahwa Allah adalah esa dalam nama-nama dan sifat-sifatNya.

Nama allah aadalah sebanyak Allah dan RasulNya sebutkan dalan Al-Qur’an dan Al-Hadits shahih tidak terbatas hanya(99). Tidak ada yang menyamai Allah dalam zat, sifat, af’al dan namaNya.

HIKMAH MENGENAL ALLAH

Pahami dan renungkanlah asma dan sifat Allah dalam Asmaul husna, jika kita semakin mengenal Allah, kita akan bisa lebih dekat denganNya.

URGENSI MENGENAL ALLAH

Ma’rifatullah: sekarang kita benar-benar mengnal Allah. Apa pentingnya mengenal Allah?

  1. Istiqomah dijalan Allah
  2. Stabil dan optimis
  3. Berani dan tidak pengecut
  4. hidup penuh berkah
  5. ikhlas dalam beramal
  6. tidak mudah putus asa

LAST MESSAGE:

Sebagai seorang muslim yang beriman, yakinlah bahwa Allah selalu ada baik dalam keadaan senang maupun susah dalam kehidupan kita dan untuk lebih mendekatkan diri pada Allah

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "JALAN MENUJU ALLAH"

Posting Komentar