Filterisasi Siaran Berita Langsung

Penyensoran siaran langsung dalam media infomasi saya rasa bukan jawaban yang tepat jika kita tujuannya adalah memilah berita mana saja yang cocok untuk masyarakat Indonesia dan untuk mencerdaskan bangsa.

beda halnya dengan penyensoran berita yang berbau tabu yang memang sudah ada undang-undang yang mengatur dan telah di setujui, tapi jika berita yang bersifat informatif, kenapa harus di pilah-pilah?

kita sekarang hidup di suatu negara yang menganut sistem demokrasi, dimana informasi-informasi dan opini-opini dalam segala bidang, harusnya dapat kita dapatkan dengan mudah. jika informasi-informasi tersebut akhirnya di batasi, maka kita bukan lagi hidup di era demokrasi, kita akan kembali ke era orde lama, dimana masyarakat sangat minim informasi mengenai apa saja yang terjadi di pemerintahan, apa saja yang terjadi di suatu negara, apa saja yang terjadi di dunia internasional. bukankah itu justru menjadi tindakan pembodohan?

kita ambil contoh berita yang sedang mencuat di permukaan baru-baru ini, yaitu masalah persidangan di ruang Mahkamah Konstitusional (MK) dimana media secara langsung meliput persidangan dan di tayangkan ke layar kaca secara langsung dan pada akhirnya membuat pihak-pihak tertentu menjadi gerah. mereka beranggapan bahwa media tidak sepatutnya meliput tanpa adanya sensorisasi.

menurut saya, apa salahnya media meliput??

mereka meliput karena memang hukun mereka sadar mereka adalah media yang berada di Indonesia yang menganut sistem demokrasi, dan masyarakat Indonesia sendiri juga membutuhkan berita-berita tersebut. untuk masalah sensorisasi, bukankah masyarakat Indonesia menjadi semakin cerdas untuk mengambil kesimpulan dari berita-berita yang mereka dapat, mana yang benar dan mana yang salah. saya kira, ini sama sekali tidak tepat jika dikatakan sebagai pembodohan..

sekarang pertanyaannya:

jangan-jangan pihak-pihak tertentu tidak ingin kebusukan mereka terungkap oleh public??

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Filterisasi Siaran Berita Langsung"

Posting Komentar